Kegiatan simulasi yang diadakan pada tanggal 12 Maret 2017 lalu, diikuti sekitar 100 peserta. Tujuan dari simulasi ini untuk memberikan gambaran bagi panitia dan peserta mengenai rute yang akan dilewati pada hari H event Tour de Ambarrukmo.

Rute simulasi dimulai dari halaman Hotel Royal Ambarrukmo, start pukul 05.30. Medan mendatar mendominasi titik start menuju pitstop pertama di kantor kelurahan Wahyuharjo, Kecamatan Lendah Kulon Progo. Peserta tiba di pitstop pertama jam 06.35, dan masih dalam kelompok besar. Kemudian menuju pitstop ke-dua di area Parang Wedang, Terminal Parangtritis, medan masih mendatar dan cenderung menurun. Waktu yang dibutuhkan dari pitstop pertama menuju pitstop ke-dua kurang lebih hampir sama. Peserta akan menemui tanjakan curam  selepas pitstop ke-dua menuju pitstop ke-tiga di area Omah Kupu Panggang Gunung Kidul. Pada lintasan ini banyak peserta yang tercecer, peserta pertama yang masuk pitstop tiga tiba pukul 09.30, peserta terakhir tiba di pitstop ini sekitar pukul 11.00. Pukul 11.15 peserta menuju pitstop ke-empat di daerah Kalasan, medan menurun dan datar mendominasi di lintasan ini. Selanjutnya dari pitstop ke-empat menuju finish di Hotel Royal Ambarrukmo, medan mendatar. Peserta tiba di pendopo Hotel Royal Ambarrukmo sekitar pukul 13.00.

Hasil dari simulasi tersebut dapat diketahui hasil hitungan waktu, kecepatan, situasi jalan, termasuk jalan berlubang dan lainnya. Pekerjaan bagi panitia untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai jalan berlubang agar  mendapat perhatian. Begitu pula dengan kenyamanan dan keamanan di jalan raya bagi peserta selama event berlangsung.