Tour de Ambarrukmo merupakan event pertama yang diselenggarakan oleh grup Ambarrukmo yang bertujuan untuk memperkuat citra Yogyakarta sebagai kota wisata dan budaya melalui kegiatan bersepeda. Kegiatan Tour de Ambarrukmo dilaksanakan melalui tur bersepeda yang akan melalui berbagai wilayah di Yogyakarta. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan efek positif bagi peningkatan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta serta semakin mengenalkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata sejarah, budaya, belanja dan ragam kuliner. Hal ini tentunya juga menambah tingkat hunian di Daerah Istimewa Yogyakarta pada bisnis pariwisata dan perhotelan yang semula dari 1,5 hari menjadi 2,5 hari.

Kegiatan ini diikuti oleh pesepeda professional baik dari Yogyakarta, luar kota maupun luar negeri dengan target peserta 500 peserta. Pada tahun pertama pelaksanaan Tour de Ambarrukmo kali ini akan dilaksanakan pada 22 Juli 2017. Jarak tempuh 148 km dan 4 kali pit stop. Kegiatan ini akan dimulai dari halaman Hotel Royal Ambarrukmo menuju Tugu Yogyakarta, Malioboro, Kraton Yogyakarta kemudian menuju Tugu Pensil Sentolo, Kelurahan Bumirejo Lendah, Terminal Parangtritis, Omah Kupu Panggang, dilanjutkan ke Piyungan, Candi Prambanan dan kembali ke Hotel Royal Ambarrukmo. Peserta juga akan melewati beberapa jalur  destinasi wisata Daerah Istimewa Yogyakarta melalui rute yang dilampaui.

Nantinya akan dilombakan pada rute antara pit stop 2 dan pit stop 3 untuk memperebutkan gelar “King Of The Mountain” (KOM) untuk kategori pria usia diatas 40 tahun dan dibawah 40 tahun serta untuk kategori wanita “Queen Of The Mountain” (QOM)